Friday 26 December 2014

SMPN 2 Bogor Tahun Ajaran
2014/2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah Study Tour Ke Jogjakarta ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dari laporan perjalanan ini. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
      Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

Bogor, 25 Desember 2014
Penyusun

BAB 1
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata di negara kita terutama peninggalan – peninggalan bersejarah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi salah satu alasan diadakannya studi tour. Studi tour merupakan suatu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan SMPN 2 Bogor Sekolah kami tahun ini memilih kota Jogjakarta sebagai tempat untuk studi tour karena memiliki banyak peninggalan – peninggalan bersejarah yang layak untuk kami ketahui. Proses belajar bagi siswa/i tidak hanya dilakukan didalam kelas saja tetapi dapat juga di luar kelas. Dan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap sesuatu yang belum kita ketahui maka perlu di adakannya kunjungan ke objek-objek peninggalan bersejarah.

B.    TUJUAN KEGIATAN
1)   Menanamkan rasa  cinta tanah air dengan dibuktikan oleh kesadaran memiliki semangat belajar yang tinggi.
2)  Memperkaya pengalaman para siswa menenai objek-objek tertentu dengan cara melihat, mendengar, meraba dan merasakan sendiri bagaimana rupa atau objek dalam keadaan aslinya.
3)   Mendidik dan melatih para siswa membuat karya tulis sebagai laporan observasi.
4)    Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah ingin mencetak lulusan yang memiliki wawasan nasional dan internasional.

C.     PESERTA
Jumlah peserta yang mengikuti study tour ke Jogjakarta yaitu siswa-siswi kelas 9 mulai dari kelas 9A sampai 9J dan beberapa pembimbing.

D.    WAKTU

BAB 2
ISI

A.    PERSIAPAN PEMBERANGKATAN
Sebelum kami berangkat, kami melakukan beberapa persiapan, yaitu :
1). Check-in Kamar Hotel
2). Pengarahan dari pembimbing.
3). Do’a bersama
B.    KEGIATAN PERJALANAN/OBYEK WISATA
Pada hari Selasa,16 Desember 2013 kami berangkat menuju Jogjakarta pada pukul 07.00. Pada hari itu, 16 Desember 2014 siang ,kami istirahat di Tasik, lalu melanjutkan perjalanan kembali. Kami melakukan perjalanan menggunakan bus pariwisata.
Sampai di Jogjakarta kami langsung mengunjungi Hotel. Setelah itu di pagi hari langsung menuju ke MGM ( Museum Gunung Merapi ).

A.     Museum Gunung Merapi

Pada tour kami yang ke jogja kami mengunjungi Museum Gunungapi Merapi. Museum Gunung berapi ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunung berapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya. Museum Gunungapi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif sebagai sarana yang sangat penting dan potensial sebagai pusat layanan informasi kegunungapian dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta sebagai media dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunung berapi serta bencana geologi lainnya.
Informasi yang disampaikan di museum gunungapi diantaranya:
1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi, dicerminkan diantaranya dalam informasi model pembentukan, mekanisme terbentuknya maupun proses-proses yang menyertainya.
2. Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunungapi, struktur geologi gunungapi, produk hasil letusan gunungapi, dan produk-produk hasil proses lainnya.
3. Informasi mitigasi bencana gunungapi, gempabumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk informasi sistem monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya menyangkut sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunungapi, kegempaan dan gerakan tanah.
4. Informasi sumberdaya gunungapi, sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infra-struktur dan lainnya.
5. Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya/tradisi, mitos dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan keberadaan suatu gunung berapi.
Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Borobudur.

B.      Candi Borobudur

Pada waktu itu sekolah kami juga mengadakan tour ke Candi Borobudur. Sebelumnya kami sudah mempersiapkan apa saja yang akan dibawa untuk perjalanan ini. Diperjalanan kami berada sekitar 2 jam. Setelah sampai kami pun harus berjalan agar bisa sampai ke candinya. Di daerah candi udaranya cukup panas. Setelah sampai di candi kami masih harus menaiki tangga menuju ke atas. Di atas ada banyak patung orang buddha, kami , mengamatinya dan berfikir “bagaimana manusia bisa membuat candi seperti ini?”.

C.      Pantai Parang teritis
Setelah Candi Boroudur kami melanjutkan perjalanan ke pantai parang teritis. Di pantai kami menunggu sunset dari jam 16:00 WIB s/d 18:00 WIB. Sambil menunggu sunset yang indah kami juga mengambil gambar.

Setelah mengambil gambar kami langsung istirahat menuju hotel.

D.     Candi Prambanan
Keesokan harinya kami cek out hotel dan langsung menuju candi Prambanan. Di perjalanan kami membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai kesana. Kami berangkat di pagi hari. Kami pergi ke candi prambanan menggunakan bus. Di candi prambanan ada banyak batu dan pasir, candi prambanan termasuk candi keagamaan Hindu. Di dalam salah satu candi ada patung yang memiliki nama tertentu. Contoh : Patung Shiwa, Patung Wisnu, Patung Brahmana, dan masih banyak lagi.

E.      Taman Pintar
Di Taman Pintar ada banyak hal yang bisa dipelajari, mulai dari pelajaran fisika, sejarah, biologi, matematika, dan kimia.